Kiln Dry

fabrikasi dan modifikasi kiln dry


Kiln Dry adalah ruangan  atau chamber untuk mengurangi kadar air pada kayu. Proses pengeringan kayu menggunakan kiln dry adalah salah satu proses vital dalam industri woodworking atau pengolahan kayu. Proses ini menentukan keberhasilan pengolahan kayu selanjutnya. Pasalnya, kayu sebagai material organik secara alami memiliki kandungan air sangat tinggi. Bila hal tersebut dibiarkan, baik finishing, pengeleman, perakitan, pembuatan ukiran, dan beragam proses lainnya tak akan berhasil dilakukan.


kiln dry pada industri kayu



Kiln dry sendiri merujuk pada sebuah ruangan yang didesain khusus untuk mengeringkan kayu. Dibanding metode pengeringan lainnya, cara inilah yang paling efektif dilakukan.

Dalam ruang kiln terdapat beberapa alat yang digunakan untuk proses pengeringan kayu. Terdapat boiler sebagai sumber panas, dan kipas angin sebagai penyalur udara ke seluruh ruangan.

Proses dimulai dengan mengeluarkan uap panas dari boiler ke ruang kiln. Uap panas ini selanjutnya terbawa arus udara dari kipas angin yang dihidupkan. Ketika kayu terpapar suhu panas, kayu akan berkeringat dan mengeluarkan kadar air di dalamnya. Akibatnya, kondisi udara di sekitar kayu menjadi sangat lembab. Udara lembab ini seterusnya akan terbawa arus dari kipas angin yang mengarah keluar. Proses ini berlangsung terus menerus hingga kadar air yang dikeluarkan dirasa cukup.

wood working process kiln

 

Untuk Desain dan pembuatan KILN Dry sesuai dengan kapasitas produksi anda, Bisa menghubungi kami pada nomor : 0819-3536-3234

Baca juga : Boiler

Pages